01 November, 2011

Korban Bullying, Siapa Mau ..

"Ketua Umum Komisi Nasional Perlindungan Anak Arist Merdeka Sirait, Jumat (28/10), mengatakan, aksi kekerasan atau bullying .... membuat sejumlah orang tua murid menarik delapan anak mereka dari sekolah. ... Kamis (3/11) Komnas Perlindungan Anak dijadwalkan bertemu dengan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan mendesak agar bullying di semua sekolah dihentikan karena melanggar Undang-Undang Nomor 54 Tahun 2002 tentang Perlindungan Anak" (Kompas, Sabtu, 29 Oktober 2011, hlm 26).
Roxanne Henkin mengatakan: "Pollack (1998) found that 'the National Association of School Psychologists estimated that in the United Stated, some 160,000 children miss school every day for fear of being bullied' (Roxanne Henkin, Confronting Bullying, 2005: 5). Lalu, apa yang bisa dibuat di sekolah ? Ia mengajukan usul yaitu memanfaatkan pelajaran sastra (literacy) sebagai alat untuk mendidik karakter peserta didik.

38 komentar:

Matthew Allan mengatakan...

Matthew Allan XIA3 22
Bullying merampas hak kebebasan sosial dari seseorang, ada rasa takut dan rendah diri yang timbul karena tindakan orang lain. Alhasil, mereka menjadi terperangkap dan tidak punya keputusan selain mengisolasi diri. Bullying tidak menghormati kebebasan yang diberikan Tuhan sehingga sepatutnya dihilangkan.

Stefanus Andrew mengatakan...

Stefanus Andrew Satrio Soesanto/XIS1/31
Bullying merupakan suatu perbuatan/sikap yang tidak manusiawi. Karena dengan bullying, siswa yang menjadi korban dapat terluka secara fisik maupun psikis. Mereka yang menjadi korban ditindas oleh sang pelaku hanya demi kesenangan pribadi saja, dan hal itu akan memberikan dampak yang sangat buruk bagi korban. Bullying pastinya membuat korban akan selalu merasa terancam, karena kebebasan mereka dirampas secara paksa, dan mereka tidak bisa membalasnya. Pelaku bullying memang harus segera ditindak. Selain karena mereka melukai sang korban, umumnya mereka juga tidak bertanggung jawab atas perbuatan yang mereka lakukan.

Kenny Pratono Wijaya mengatakan...

Kenny Pratono Wijaya/XIA5/19
Saya tidak setuju dengan tindakan bullying, karena hal ini membatasi kebebasan sosial seseorang. Bullying dapat mengakibatkan, seseorang akan menjadi takut dalam membuat keputusan sehingga ia lebih sering menyendiri. Pelaku bullying merupakan orang yang tidak bertanggung jawab atas kebebasan yang telah diberikan Tuhan, bukannya membantu orang lain untuk berkembang, tapi malah menjatuhkan orang teresebut.

Jonathan Hans mengatakan...

Jonathan Hans Emanuelle/XIA5/16
Saya tidak setuju dengan tindak bullying karena tindakan tersebut membuat orang menjadi tidak merasa bebas untuk melakukan apapun, dia menjadi terasa terkekang saat ingin melakukan tindakan. Tindakan bullying merupakan tindakan yang merusak, baik merusak mental maupun merusak kebebasan orang. Saya mengatakan demikian bukan untuk menyudutkan para pelaku bullying. Sebaliknya, saya ingin agar kita semua menyadari dampak dari perbuatan bullying. Membully adalah sikap yang tidak pantas dihadapan Tuhan karena Tuhan sudah memberi kebebasan pada seseorang tetapi si pembbuly tersebut justru merampas secara paksa kebahagiaan dan kebebasan orang tersebut. Secara tidak langsung itu merusak hari si yg dibuly dan hati Tuhan juga.

sksidndksnsxn67 mengatakan...

Matthew Esdeson Herwanto XIA3/23
Saya tidak setuju dengan aksi bullying karena merampas kebebasan dan hak seseorang untuk melakukan sesuatu. Sebagai manusia, kita harus bertanggung jawab untuk menjaga hak orang lain, bukan untuk merampasnya. Serta, korban bullying tidak mempunyai kebebasan untuk membela dirinya.

Marcello Tjung mengatakan...

Marcello Tjung XIS1/19
Saya tidak setuju dengan bullying karena bullying membellenggu kebebasan sosial dan hak-hak seseorang yang dibuli ,sehingga korban bully merasa tak berdaya dan terperangkap dari hal-hal ini korbanpun hanya bisa menyendiri dan berharap untuk yang terbaik, Kondisi mental korban pun menjadi semakin buruk. Maka dari itu Pelaku bullying adalah orang yang tidak menghormati dan bertanggung jawab atas kebebasannya yang diberikan dari Tuhan .

Unknown mengatakan...

Mikael Theodorus Harto Isworo XIA2/25
Saya sangat tidak setuju dengan tindakan bullying atau merendahkan seseorang yang biasanya sepantaran dengan kita. Bullying tidak menghormati hak orang lain sebagai manusia yang memiliki kebebasan sosial karena hal tersebut seolah menarik kebebasan sosial dari orang lain untuk berkehendak secara bebas dan terbuka, kadang menekan diri mereka karena takut akan bullying. Bullying juga menyebabkan seorang korban menarik diri dari dunia dan dalam beberapa kasus khusus menyebabkan bunuh diri. Menurut saya, seharusnya korban bullying lebih diperhatikan dalam dunia luas, dan pelaku bullying diberikan edukasi tambahan dan ganjaran yang sesuai, agar tindak bullying tidak lagi memakan korban.

Unknown mengatakan...


Ruben Chandra Silitonga XIA5/30
Saya sangat tidak setuju dengan bullying. Hal ini berarti tidak menghargai dan menghormati kebebasan eksistensial dan sosial seseorang. Bullying juga dapat berdampak buruk bagi penerima maupun pelaku. Penerima akan menerima dampak mental buruk seperti rendah kepercayaan diri, depresi, kecemasan, dll. Selain mental, mereka juga dapat menerima dampak fisik jika pembully melakukan hal fisik. Pembully juga akan menerima dampak buruk karena mereka akan selalu menjadi pembully jika tidak berhenti dan tobat. hal ini dapat menyebabkan pembully menerima tindakan pidana ataupun dampak buruk yang lainnya.

Timothy Wijaya mengatakan...

Timothy Wijaya XIA1/32
Mengenai masalah bullying, saya sungguh terganggu dengan adanya bullying di dunia ini. Dalam kasus yang di atas, kita bisa melihat bahwa bullying, secara tidak langsung, telah merenggut kebebasan delapan anak. Karena bullying, delapan anak ini dipaksa untuk keluar dari sekolah dan menghilangkan kemampuan mereka untuk belajar dan berkembang. Hal ini sangat mengganggu jika dipikir, sejumlah anak dipaksa keluar dari sekolah dan menghilangkan kemampuan mereka untuk belajar hanya untuk hiburan para bully. Oleh karena itu, saya rasa kita harus meningkatkan dan mencari cara yang inovatif untuk memberhentikan bullying dan meningkatkan tanggung jawab pada yang sudah membully.

9B 6 Cyrano Nathaniel Elektronika mengatakan...

Cyrano Nathaniel Suprijadi XIA5/06
Masalah Bullying terjadi di seluruh dunia. Bullying itu dapat berdampak secara mental maupun fisik terhadap pihak yang dibully. Saya tidak setuju dengan tindakan bullying. Tindakan bullying tidak hanya merusak mental pihak yang dibully tetapi juga yang membully, jika ia terbiasa, ia bisa menjadi orang yang bernurani jahat. Bullying perlu dihentikan dan sekolah-sekolah perlu mencari cara untuk membantu mengurangi ini.

Yohanes Jonathan XI5/35 mengatakan...

Yohanes Jonathan XI5/35
Bullying memang hal yang harus diberantas. Sebab bullying ini bisa mengganggu kesehatan jasmani maupun rohani. Jadi, bullying ini bukan hanya akan menyakiti fisik, tapi juga mental. Terkadang, sebagai siswa banuak pula yang tak menuadari bahwa ia telah menjadi pelaku bullying. Terkadanh dengan dalih bercanda, tapi ternyata itu membuat kornan sakit hati. Maka perlu diasakan edukasi mengenai hal ini.

Arthur Bagaskara mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Evan Priyono XI8/17 mengatakan...

Evan Priyono XI8/17
Saya setuju bahwa bullying merupakan hal yang sangat tidak baik dan semustinya tidak dilakukan. Bullying merusak hubungan kita dengan korban bullying tersebut dan juga memberikan dampak buruk bagi korban bullying tersebut, seperti trauma, hilangnya kepercayaan diri, dan hal-hal lainnya. Menurut saya bullying eprli diatasi agar murid-murid bisa memilili hubungan yang baik antara murid murid yang lain dan juga agar murid murid bisa menjalani pembelajaran tanpa ada rasa takut kena bully. Selain itu menurut saya tidak melakulan bullying adalah salah satu cara kita mengikuti etika.

Alexis Garan Abimanyu mengatakan...

Alexis Garan Abimanyu XI8/5
Bullying merupakan suatu aksi yang tercela dan harus dihentikan. Memang menghentikan kasus-kasus bullying yang terjadi di sekolah bukanlah hal mudah. Banyak sekali cara dan usaha yang dilakukan dan diupayakan oleh pihak-pihak yang berwenang untuk menurunkan kasus bullying. Bullying bisa dilakukan dengan cara apapun. Yang menjadi masalah adalah, bullying tidak hanya bisa menyakiti korban secara fisik, tetapi mental korban juga pasti akan terganggu. Mereka akan merasa sangat tertekan bahkan banyak anak-anak yang tidak mau sekolah hanya karena menghindari bullying. Pendidikan mereka akhirnya terganggu karena perbuatan yang tidak bisa dibenarkan.

Joshua mengatakan...

Joshua Viencent Tandibrata/XI-8/24/CC25

Bullying adalah perilaku tidak bermoral karena merampas hak kebebasan sosial seseorang. Bullying dapat terjadi dengan berbagai macam cara dan semuanya itu menghancurkan harkat martabat sebagai seorang manusia. Sebagai pribadi yang membutuhkan orang lain, sikap bully seharusnya dihilangkan karena tidak sesuai dengan prinsip dasar cinta kasih. Orang yang menjadi korban tidak bebas "untuk" karena memiliki trauma mendalam. Sudah selayaknya kita menghargai pribadi manusia sebagaimana Tuhan sangat mencintai umat-Nya.

Bellarmino Avadhuta Surya Wijaya mengatakan...

Bullying seringkali terjadi di lingkungan sekolah dan tindakan ini memang harus benar-benar diatasi. Bullying tidak hanya melukai fisik seseorang tetapi bullying juga dapat berdampak pada mental seseorang. Oleh sebab itu perlu adanya kesadaran untuk tidak melakukan tindakan bullying terhadap sesama.
Bellarmino Avadhuta Surya Wijaya/XI8/09

Rafael Russell Effendi mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
my simple blog mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
my simple blog mengatakan...

Daryl Putra Budihardjo XI8/15
Menurut saya, tindakan bullying sangat merugikan perkembangan seorang anak sehingga harus dihentikan dengan segera mungkin. Ironisnya, tindakan bullying malah sering terjadi di sekolah, tempat dimana siswa harusnya menimba ilmu dan mencari teman. Maka dari itu, diperlukan adanya edukasi dan penyuluhan tentang dampak negatif dari tindakan bullying. Edukasi tentang bullying sebaiknya tidak hanya ditujukan kepada siswa namun juga terhadap orangtua supaya dapat mendidik anaknya juga di rumah supaya memiliki karakter yang baik.

Christian Hendra Hartimin XI8/11 mengatakan...

Christian Hendra Hartimin XI8/11 - CC25

Bullying merupakan sikap yang tidak sepantasnya dilakukan oleh seorang manusia. Dalam kehidupan sehari hari, sikap tersebut hanya menimbulkan berbagai permasalahan yang disebabkan oleh perilaku menyimpang seseorang. Tindakan bullying merupakan tindakan yang harus diminimalisir dan dihilangkan. Perilaku tersebut hanya akan menyakiti orang lain, baik secara verbal maupun fisik, jasmani maupun rohani. Sikap bullying hanya akan meregut kesenangan dan kebebasan milik orang lain, hingga terkadang merusak mental orang lain. Hal ini hanya akan membuat orang untuk terus bersikap desolasi dan dipenuhi oleh rasa takut. Terkadang hanya dimulai dengan candaan candaan biasa, namun ternyata perkataan tersebut menyakiti hati orang lain. Tindakan bullying merupakan tindakan yang tidak dapat ditolerir, sebab seorang korban akan selalu memiliki rasa trauma dan rasa perasaan yang terus teringat didalam dirinya. Tindakan bullying menjadi tindakan yang melanggar hak dan kewajiban seorang manusia yang telah diberikan oleh Tuhan.

Arthur Bagaskara mengatakan...

Ignatius Arthur Bagaskara XI8/21
Bullying masih banyak terjadi dan hal ini harus diberhentikan dikarenakan dengan adanya bullying maka menimbulkan dampak negatif ke dua belah pihak, baik pembuli ataupun dibuli. Bullying selain bisa menyakiti fisik korban juga bisa menimbulkan rasa sakit di mental yang bisa saja membuatnya trauma dengan sekolah, karena saat sekolah dia pernah dibuli dan bisa saja tidak mau sekolah lagi ataupun kehilangan kepercayaan dirinya
Maka dari itu bullying di lingkungan sekolah harus diberhentikan secepatnya.

Peter Coleson Chow mengatakan...

Peter Coleson Chow XI-1/31 CC25

Bullying merupakan tindakannyang tidak terpuji dan memiliki dampak yang snagat besar bagi seorang siswa. Seirang siswa yang mengalami dan menjadi korban bullying biasanya sering kali terganggu perasaannya, fisiknya, dan mentalnya sebab banyaknya tekanan dari teman" sekitar

Moshes Yosepa Manihuruk mengatakan...

Moshes Yosepa Manihuruk/11-1/22/CC25
Tindakan sehari-hari kita merepresentasikan jati diri kita sebagai seorang manusia. Tindakan bullying merupakan salah satu tindakan yang menunjukkan kurangnya pengemnangan karakter dan etika dalam diri seseorang. Sayangnya, bullying masih sering terjadi. Hal ini menunjukkan gagalnya kita sebagai manusia sosial untuk membentuk lingkungan sosial yang inklusif dan nyaman bagi semua orang. Tindakan bullying harus dihentikan, namun untuk melakukannya perlu peran dari seluruh lapisan masyarakat yang saling bekerjasama dan saling mendukung.

Alexander Gunawan mengatakan...

Alexander Gunawan X1-1/2 CC25

Bullying pada dasarnya adalah perilaku tak terpuji, dengan merendahkan seseorang melalui serangan secara fisik, maupun non-fisik (verbal maupun non verbal). Perilaku bullying jelas merugikan korbannya, seperti menimbulkan rasa kurang percaya diri, kecemasan, bahkan trauma. Maka dari itu, tindakan bullying haeus segera dihentikan. Sebagai umat Allah, terutama setelah mempelajari bagaimana perjuangan Allah dalam menyelamatkan umat manusia, saya rasa dengan tidak melakukan perilaku membully, apalagi dengan membantu mengeliminasi tindakan bullying, kita telah membalas kebaikan Allah

Danny Vito Rahardjo mengatakan...

Danny Vito Rahardjo 11-1/9
Bullying adalah tindakan dari diri kita sendiri yang dapat mengubah hidup orang lain. Bullying daoat kita lakukan secara sadar maupun tidak sadar. Terkadang kita tidak sadar bahwa tindakan yang kita anggap sebagai bahan tawa dapat mempengaruhi teman kita. Atau kita memang bermaksud untuk menyakiti dan mengganggu teman kita itu. Saya sangat tidak mendukung terhadap sikap ini karena perasaan yang dimiliki oleh setiap orang bukanlah hal yang layak untuk dipermainkan.

Dim mengatakan...

Dimitri Lim/XI1-11/CC25

Bagi saya, tindakan bullying merupakan salah satu permasalahan yang sangat menghambat kemajuan pendidikan. Tindakan ini dijumpai dimana saja baik di dalam maupun di luar sekolah. Saya tentu sangat menentang adanya perilaku seperti ini di lingkungan sekolah karena dampak buruk yang ditimbulkan. Bagi seorang korban, perilaku ini berdampak pada kesehatan mental dan psikologisnya menjadi tertutup, malu, bahkan hingga mengakhiri hidupnya sendiri. Di sisi lain, bullying juga menimbulkan dampak secara fisik seperti menyakiti, memukul, menonjok, dan sebagainya. Bullying dilakukan sebagai salah satu bentuk dari pelaku untuk menunjukkan superioritas dan mendapat perhatian atau dalam kata lain disegani oleh siswa lainnya. Hal ini tentu perlu diatasi dan mendapat perhatian yang besar dari pihak sekolah agar pelaku-pelaku bullying bisa dididik untuk menghentikan tindakannya serta siapapun korban-korban dari bullying ini bisa segera kembali seperti biasa sebelum memperbesar akibat yang ditimbulkan.

Alexander Indra mengatakan...

Bullying adalah tindakan agresif yang dilakukan oleh suatu pihak dengan sengaja atau berulang dengan tujuan untuk menyakiti pihak lain. Bullying dapat berdampak pada fisik maupun mental pihak korban, dan juga dapat mengubah sikap atau sifat seseorang dalam bertindak. Contohnya seorang korban bully yang terkena serangan secara fisik, selain mendapatkan luka fisik tentu juga terkena luka mental dimana ia akan cenderung menjadi penakut atau trauma. Hal tersebut akkan mempengaruhi dirinya dalam berprilaku dalam sehari hari dimana ia bisa menjadi takut dan tidak merasa bebas dalam melakukan aktivitas nya. Tentu bullying bukanlah hal yang patut dibenarkan. Saya menentang terjadinya perilaku bullying dimana hal ini tidak sejalan dengan hak kebebasan seorang manusia dan ajaran Tuhan (10 perintah Allah).

Raphael Matthew Imanuel mengatakan...

Raphael Matthew Imanuel XI-1/33
Bullying merupakan tindakan tidak terpuji dan sangat merugikan orang lain. Sikap bullying ini sering ditunjukan oleh orang - orang yang dominan dalam kehidupan sosial dan seringkali mengakibatkan korban merasa tertekan hingga menjadi trauma. Menurut pandangan saya, bullying terjadi dalam kehidupan sosial, oleh sebab itu kita sebagai pelaku sosial harus lebih baik lagi dalam bersosialisasi dengan tidak melakukan bullying terhadap orang lain, membantu teman - teman yang mengalami bullying dan bersikap tegas terhadap pelaku pelaku bullying. Sebagai sesama manusia kita harus menjaga sikap terhadap sesama dan saling menghargai.

Rafael Russell Effendi mengatakan...

Rafael Russell Effendi XI8/32/CC25
Bullying merupakan suatu hal yang kerap terjadi di lingkungan sekolah dan saya sendiri kadang melihat tindakan bullying secara langsung baik dalam bentuk fisik maupun verbal. Saya sangat tidak setuju dengan bullying karena tindakan tersebut selain dapat menyakiti orang lain secara fisik, namun juga mempengaruhi secara mental, bahkan ketika si pembuli menganggapnya sebagai peecandaan, kita tidak tahu apa yang si korban merasakan. Bullying pun juga tidak sesuai denngan nilai-nilai yang diajarkan terumana dalam pelajaran agama. Kita bisa lihat dampak bullying pada artikel di atas. Sebanyak 160000 murid tidak datang ke aekolah setiap hari karena takut akan tindakan pembulian. Oleh karena itu, tindakan bullying harus dihentikan

Michael David Chan mengatakan...

Michael David Chan XI5/22/CC25
Bullying memiliki dampak yang serius, tidak hanya secara emosional tetapi juga secara fisik bagi para korban. Penting untuk mengambil langkah-langkah untuk mencegah dan mengatasi perilaku bullying di semua lingkungan, terutama di sekolah, untuk menciptakan lingkungan yang aman dan mendukung bagi semua anak. Bullying memiliki dampak yang sangat buruk seperti penurunan kemampuan akademik, masalah kesehatan mental, dan lainnya.

Isaac mengatakan...

Alexander Isaac Djunaidi XI-8/03/CC25
Bullying harus dihentikan karena dapat menyebabkan dampak serius pada kesehatan mental dan emosional korban. Tindakan ini tidak hanya merugikan secara psikologis, tetapi juga dapat mengganggu perkembangan sosial dan akademis mereka. Selain itu, bullying menciptakan lingkungan yang tidak aman dan tidak sehat di sekolah atau tempat kerja, menghambat potensi individu, dan dapat berdampak negatif pada masyarakat secara keseluruhan. Oleh karena itu, penanganan terhadap bullying harus dilakukan dengan serius.

rrtanoyo mengatakan...

Raphael Rainier Tanoyo/11-1/34. Bullying merupakan sesuatu yang perlu diatasi karena membahayakan korban. Orang yang menjadi korban dapat terkena masalah mental dan emosional karena selalu tertindas pada saat di sekolah. Menurut saya, bullying akan selalu ada karena pasti ada orang-orang yang ingin menindas satu dengan yang lainnya, tetapi pihak sekolah dapat berupaya untuk mencegah atau mengurangi kasus bullying supaya tidak banyak siswa menjadi korban.

Mamad mengatakan...

Muhamad Farrel Rizky XI1/23
Bullying harus dihentikan bagaimanapun caranya, sudah tidak dianggap keren lagi pelaku-pelaku bullying ini oleh orang sekitar, tindakan ini pun memiliki dampak yang sangat serius bagi korban bisa dari dampak karena kekerasan fisik sampai dampak psikologis yang terganggu, menurur saya penangannya pun harus lebih serius lagi dibandingkan sebelumnya.

Gab pram mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fabianus Keane Karnaen mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Fabianus Keane Karnaen mengatakan...

Fabianus Keane Karnaen XI-3/13/CC'25
Bullying dikenal sebagai cara seseorang menunjukan supermasi atau status sosial diantara anggota suatu kelompok. Umumnya bullying banyak terjadi dalam lingkungan sekolah. Hal ini menjadi berbahaya, karena belum tentu pelaku menyadari betul bahwa ia sedang merudung orang lain, mengingat mereka masih dalam usia sekolah. Lebih berbahaya lagi apabila tindakan perudungan ini begitu kuat sehingga dapat mengganggu kesehatan mental dari korban, dan sangat mungkin menimbulkan trauma berkepanjangan, karena anak sekolah umumnya belum dapat memilah mana perkataan yang perlu didengar dan tidak. Bagaimanapun juga, bullying cara kuno sudah lama ditinggalkan, dan pada masa ini, bullying dapat hadir dalam berbagai media. Menjadi penting untuk kita sebagai komunitas kristiani untuk saling respek dengan orang lain, pun membantu saudara saudari yang menjadi korban bullying sebelum terlambat

Nathanael Maria David T mengatakan...

Nathanael Maria David Teddja XI2/27/CC25
Bullying merupakan tindakan yang sering terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Bahkan, saya beberapa kali melihat tindakan bullying dilakukan baik secara langsung maupun tidak langsung. Menurut saya, tindakan bullying ini sangatlah kejam karena bertujuan menyakiti, merendahkan, atau mendominasi orang lain secara emosional, fisik, atau mental. Hal tersebut pun tidak sesuai dengan nilai-nilai agama yang mengajarkan untuk tidak menghakimi atau menghina, melainkan untuk saling mengasihi sesama. Saya pun merasa sedih dan simpati dengan korban bullying karena mereka harus mengatasi tekanan yang dialaminya, bahkan bisa berujung pada luka batin ataupun trauma yang menghantui mereka selama sisa hidupnya. Maka, kita pun harus bersatu untuk mengatasi dan menghadapi bullying dalam lingkungan sekitar sehingga dapat membentuk suatu komunitas yang lebih rukun dan menjadi anak-anak Allah yang baik.

Evan mengatakan...

Evan Lauw XI-2/11/CC'25
Menurut saya, Bullying merupakan hal yang sangat buruk untuk dilakukan. Bullying bukan hanya bisa menimbulkan kesakitan secara fisik, namun menimbulkan juga dampak-dampak mental dan psikologis yang banyak. Korban-korban bullying akan mempunyai mindset dimana mereka memandang mereka selalu inferior dibandingkan orang lain dan juga dapat menimbulkan perasaan-perasaan takut dan cenderung tidak percaya kepada orang lain.